Fungsi Blog Perusahaan Untuk Mencapai Tujuan-Tujuan PR (Public Relations)

Blog perusahaan sebenarnya bukanlah solusi akhir untuk pemasaran. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk mereka sepenuhnya pada blog korporat (corporate blog). Namun demikian, tetap saja, penggunaan blog perusahaan, khususnya di era keterbukaan saat ini mungkin sudah menjadi sesuatu yang wajib diperhatikan lebih seksama.

Berikut adalah beberapa fungsi blog perusahaan yang lazim dilakukan dalam kegiatan public relation :

  • Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru.
  • Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya.
  • Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan.
  • Blog bisa menjadi media membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan itu memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya.
  • Blog juga dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar.
  • Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawan. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan.

Jika anda ingin mengembangkan keterampilan dalam mengelola blog perusahaan, silakan ikuti  >> Pelatihan Corporate Blogging bulan ini.

Atau untuk memperdalam kemampuan Anda dalam mengelola berbagai kegiatan PR, anda bisa ikuti pelatihan yang satu ini  >>  Pelatihan Public Relation Management

 

___________________________
Tulisan ini dimodifikasi dari http://iamumisholihat11.blogspot.com/2013/06/fungsi-blog-untuk-pr.html