Tips Fotografi Hitam Putih

Tips Fotografi Hitam Putih

Fotografi hitam putih atau fotografi black and white sudah sangat familiar di setiap telinga orang. Foto tanpa warna aslinya, hanya dengan warna dramatik hitam putih mampu berbicara kepada orang banyak. Tidak hanya sekedar hitam putih saja, cara membidikkan kamera untuk menghasilkan foto hitam putih yang baik itu ternyata susah-susah gampang. Fotografi hitam putih ini tidak lekang dimakan waktu. Ini dia 5 tips supaya kamu bisa menghasilkan foto hitam putih yang lebih baik.
Potretlah dalam Mode Warna
Kamera digital menghasilkan rentang tone yang lebih lebar dalam mode warna karena dalam mode ini sensor mengambil data dari 3 channel – Red, Green dan Blue atau RGB. Untuk itulah, foto hitam yang dihasilkan dari pengolahan foto warna menggunakan photo editor di komputer akan cenderung lebih baik kualitasya. Karena mode BW di dalam kamera tidak menawarkan banyak pilihan. Saat menggunakan mode RAW dan BW bersamaan dalam kamera, tampilan di LCD kamera tentu hitam putih, tetapi sebenarnya tidak berpengaruh pada file RAW (tetap berwarna). Terlebih jika menggunakan RAW + JPEG, kamu akan mendapatkan fleksibilitas ekstra.
Setting ISO Serendah Mungkin
Noise (bintik-bintik kecil putih yang muncul di foto anda) akan tampak lebih menonjol dalam foto hitam putih dibanding dalam foto berwarna. Gunakan ISO serendah mungkin supaya pada saat foto diproses nantinya, noise bisa diminimalkan. Tidak hanya dalam memotret hitam putih, setiap memotret selalu gunakan ISO terendah kecuali jika kamu ingin mendapatkan shutter speed yang tinggi atau efek grain dengan sengaja.
Mendung adalah Saat Terbaik
Adanya mendung akan membuat kontras lebih rendah dan ini adalah saat terbaik untuk membuat foto hitam – putih. Kamu tidak akan terlalu peduli dengan warna langit yang abu – abu, toh dalam foto hitam putih tidak akan terlalu terlihat.
Eksploitasi Tekstur, Pola dan Garis
Dalam foto hitam putih, tekstur – pola dan garis akan lebih terlihat menonjol dan semakin menarik. Untuk itu eksploitasi-lah jika kamu menemukan adanya komponen tersebut. Dengan memotret hitam putih, tentu kamu sudah menghilangkan unsur warna lainnya, sehingga untuk menjadikan foto yang menarik dibutuhkan impact yang lebih.
Side Lighting adalah Cahaya Terbaik
Ketika memotret di luar ruangan untuk foto hitam putih, tonjolkan bentuk secara maksimal dengan mengandalkan pencahayaan samping (side lighting), sehingga jatuhnya bayangan jadi sangat menarik. Side lighting bisa terjadi saat kamu memotret di pagi atau sore hari.
Sudah mengerti bagaimana membuat fotografi hitam putih yang baik? Silakan dicoba dan dapatkan hasil foto hitam putih yang dramatik.

 

__________________________
Sumber: http://www.idseducation.com/2014/03/21/tips-fotografi-hitam-putih/

mautic is open source marketing automation