Sosial Media Yang Mengubah Wajah Dunia PR

Sosial Media Yang Mengubah Wajah Dunia PR

Dunia Public Relations (PR) mengalami banyak perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Aplikasi itu membuat konsumen semakin pintar, mudah untuk memberikan pendapat sehingga membuat merek harus terus berinovasi.

Berikut beberapa tren yang telah mengubah wajah dunia ini yang harus Anda perhatikan sebagai seorang PR:

1. Para ahli vs Konsumen

Dulu sangat mudah untuk mencari seorang ahli yang bisa berkomentar untuk klien kita. Nah, Internet membuat semua orang bisa berkomentar sehingga sulit untuk mencari para ahli yang tepercaya.

Konsumen bisa berkicau dan mengatakan bahwa dirinya adalah seorang ahli dan komen mereka pun bakal didengar oleh pengguna sosial media lainnya.

Ketika Anda meminta seorang ahli berkomentar untuk produk Anda, jangan heran jika pendapat itu bisa ditentang oleh konsumen. Hebatnya, komentar konsumen bisa lebih didengar ketimbang para ahli itu.

2. Wartawan vs konsumen

Dunia internet telah membuat segala informasi bisa didapatkan dengan mudah, kapan pun, di mana pun, dan oleh siapa pun. Begitu pula kehadiran sebuah informasi.

Dulu, banyak orang yang bergantung dengan media tradisional. Namun, seiring perkembangan zaman, komen konsumen di sebuah media sosial –meskipun hanya terdiri dari 140 karakter- bisa lebih dipercaya ketimbang berita dari sebuah media.

3. Konsumen semakin kritis

Tidak jarang, brand atau merek menampilkan data berupa statistik. Namun, di era konsumen yang semakin pintar, mereka tidak dengan mudah mempercayai sebuah iklan, apalagi sebuah statistik yang Anda sajikan. Mereka menjadi semakin teliti.

Artinya, para brand pun dituntut untuk memberikan perhatian khusus terhadap data atau iklan yang diberikan. Janganlah coba-coba untuk membohongi mereka.

4. Semua bisa menjadi penilai

Sosial media telah mengubah wajah bisnis. Jika Anda memiliki sebuah brand yang apik, para konsumen pun bisa menjadi advocates Anda. Mereka tidak segan-segan memberikan komen yang baik sehingga memberikan dampak yang positif bagi produk Anda.

Namun, jika produk Anda tidak memuaskan, jangan heran jika mereka juga akan membagi pengalaman buruk itu kepada teman-temannya sehingga bisa merusak brand image Anda. Sebagai seorang PR, yang juga konsumen, tentunya Anda mengetahui hal ini bukan?

__________________________
Sumber:
www.deepspacemarketing.com
http://www.theprworld.com/360/opinion/472-sosial-media-yang-mengubah-wajah-dunia-pr

SHARE THIS:
error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->