PROSPEK PROFESI HUMAS DI ERA GLOBALISASI

Prospek Profesi Public Relation (HUMAS) di Zaman Globlalisasi dan di Massa yang Akan Datang

By: Rizal Ferdhy N /(287) /E

Di era globalisasi seprti saat ini,persaingan dalam dunia kerja semakin sulit dan semakin kompetitif.Hal ini saudah mulai terlihat dalam beberapa tahun teraakhir,untuk dapat mencapai suatu kedudukan atau profesi yang diinginkan,masyarakat kita saat ini harus bersaing sangat kompetitif dan berat.Tinkat persaingan yang sangat kompetitif ditunjukkan mulai dari kita bersaing untuk masuk sekolah faforite yang kita inginkan dari mulai SD,SMP,SMA,dan Perguruan Tinggi. Hal inilah yang memicu masyarakat global sekarang in,menjadi individu yang berkwalitas atau yang terbaik dari para individu lain yang disekitarnya,tidak pandang teman atau saudaranya sendiri.

Dari uraian diatas,sudah dapat dilihat dengan sangat nyata bahwasanya suatu profesi atau pekerjaan yang baik adalah profesi yang dipandang sudah sangat mapan dan berpenghasilan besar bagi masyarakat saat ini.Untuk itu disini kita akan mencoba menguraikan pengertian dan pemahaman tentang Apa yang dimaksud dengan Profesi Public Relation(HUMAS) dan Bagaimana Prospek Profesi ini di era Globalisasi saat ini dan di massa yang akan datang?.

Pertama pengertian tentang Public Relation(HUMAS)berikut ini beberapa pendapat para pakar atau tokoh dalam bidang PR tentang apa itu yang disebut dengan Public Relation adalah sbb:

1. Frank Jeffkins

semua bentuk komunikasi yang terencana,baik itu ke dalam maupun keluar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan yang spesifik yang berlandaskan pada rasa saling pengertian.

2. Frank F. Seitel

PR adalah fungsi manajemen yang membantu menciptakan dan saling memelihara alur komunikasi, pengertian, dukungan, serta kerjasama suatu organisasi/perusahaan dengan publiknya dan ikut terlibat dalam menangani masalah atau isu manajemen.

Seperti itulah pengertian atau definisi dari apa yang disebut dengan PR,untuk yang selanjautnya pembahasanya adalah Bagaimana Prospek Profesi ini di era Globalisasi saat ini dan di massa yang akan datang?.

Prospek dari profesi PR ataupun HUMAS didalam era Globalisai seperti saat ini. Public Relation sebenarnya suatu bidang yang sangat potensial di era Globalisasi saat ini dan di masa dating,karena posisinya yang sangat strategis. Publik relations yang dahulu dengan sekarang sangat berbeda artinya sudah tidak sama dan banyak sekali perubahan.Dahulu pengertian seorang public relations identik sebagai event organizer,atau sebagai kaki tangan dari kepala perusahaan atau direktur.Namun,saat ini seorang public relations atau humas sudah berubah pandanganya dimasyarakat luas saat ini PR atau HUMAS harus bisa membuka ruang dalam menjembatani investasi dan ruang pasar penjualan produk. Dalam bidang komunikasi dan public relations atau humas kini menjadi salah satu point yang sangat penting dalam sektor industri di dunia perusahaan untuk bersaing dalam era globalisasi seprti saat ini.

Apabila Perusahaan yang tidak memanfaatkan bidang PR atau HUMAS ini akan tertinggal karena tidak menguasai perolehan dan penyebaran informasinya,tentunya karena PR atau HUMAS saat ini sadah menjadi point utama. Keberadaan bidang komunikasi dan public relations atau hubungan masyarakat bukan hanya perlu untuk membina hubungan dengan pihak luar. Namun ada hal yang sangat penting untuk dalam bidang PR atau HUMAS ini,yaitu memberikan informasi ke dalam,baik kepada pimpinan maupun sesama karyawan sendiri biasa disebut Community Relation. Suatu perusaan yang nyaman harus melakukan suatu keterbukaan antara karyawan dengan atasannya. Agar tidak terjadi adanya suatu kesalah pahaman yang akan menimbulkan suatu kesenjangan dalam perusahaan tersebut.Dan inilah salah satu tugas yang dari seorang public relations dalam perusahaan.

Dalam sebuah pemerintahan, public relations atau bidang kehumasan juga sangat diperlukan. Pada saat yang sekarang ini yang merupakkan era demokrasi yang artinya siapa saja boleh untuk mengeluarkan pendapat.Sikap pemerintahan saat ini harus bersifat terbuka kepada semua anggota masyarakatnya.Tidak seperti zaman dahulu di era orde baru yang semua anggota masyarakat tidak boleh mengeluarkan pendapatnya.Dalam era keterbukaan saat ini masyarakat bisa mempertanyakan kebijakan pemerintah dan pemerintah harus mengkomunikasikan atau menginformasikan kebijakannya kepada masyarakat.

Di sinilah Public Relations dibutuhkan untuk mengkomunikasikan atau menginformasikan semua kebijakan pemerintah kepada semua masyarakat. Agar dapat tercapai semua tujuan atau program-program pemerintah saat ini.Dan inilah yang dinamakan dengan Government Relation atau hubungan dengan pemerintah yang ada dalam ilmu PR atau HUMAS.Profesi public relation pada zaman sekarang atau pada era globalisasi ini sangat memanfaatkan adanya teknologi atau fasilitas penyebaran informasi yang sangat canggih dan modern yaitu internet. Kini internet semakin memasyarakat. Siapa saja boleh untuk mengaksesnya. Hal ini memudahkan seorang public relations untuk menyebarluaskan segala informasinya juga untuk mensukseskan visi misi yang diembannya.

_____________
Sumber: http://ferdie15.wordpress.com/2011/06/10/prospek-profesi-humas-di-era-globalisasi/


mautic is open source marketing automation