Peran Humas dalam Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Komunikasi

Peran Humas dalam Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Komunikasi

Para praktisi humas saat ini mengungkapkan bahwa dunia public relations sedang memasuki masa-masa kejayaan atau masa keemasan karena keberadaan perkembangan teknologi dan komunikasi yang pesat.

Keberadaannya membuat para praktisi mampu menggapai public sasarannya secara langsung, tanpa intervensi dari pihak-pihak yang dapat menghambat kegiatan komunikasinya seperti wartawan yang memiliki tugas untuk bertindak sebagai pihak yang mensesor terhadap pesan maupun informasi yang humas sampaikan kepada khalayaknya.

Berbagai keuntungan dapat diraih oleh humas dalam menjalankan perannya sebagai gardu terdepan dalam suatu perusahaan atau lembaga. Informasi dapat dengan cepat sampai ke publik khususnya disaat-saat mendesak. Hal tersebut dapat sangat terlihat dalam fenomena penggunaan jejaring sosial saat ini.

Twitter misalnya, setiap perusahaan mencoba mengabarkan informasi yang khalayak butuhkan dalam waktu yang sangat cepat dan beriringan dengan kejadian. Contohnya terlihat ketika kita tidak sanggup menonton pertandingan bola yang kita jagokan karena kita sedang dalam perjalanan yang sangat macet, dengan mudahnya kita bisa mengakses live tweet dari jejaring sosial twitter.

Kita bisa mengetahui jalannya pertandingan bola tersebut menit demi menit. Dalam koneksi internet yang lebih besar, kita tentu bisa melihanya langsung dengan streaming dari gadget yang semakin canggih. Dalam konteks kerja humas, perkembangan teknologi dan komunikasi ini dapat berfungsi sebagai iklan, media, alat marketing, sarana penyebaran informasi dan promosi.

Iklan-iklan televise yang disampaikan oleh humas tentunya memiliki patokan harga yang tinggi, namun dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi khususnya internet, humas dapat mengemas iklan serupa dengan biaya yang jauh lebih ekonomis.

Humas dapat memasang baliho besar mengenai suatu event di pusat kota, humas juga bisa memakai iklan elektronik yang dapat muncul setiap kali pengguna internet membuka situs tertentu. Keduanya merupakan iklan, namun dengan pengefisienan yang jauh berbeda terhadap target audiensnya. Humas menembus perkembangan teknologi dan komunikasi itu sendiri dan akan terus berkembang.

Humas perlu terus belajar guna memiliki keterampilan-keterampilan dalam dunia teknologi dan komunikasi agar tidak kalah bersaing dengan praktisi telematika ataupun komputer.

Kelebihan lain dari penggunaan teknologi komunikasi oleh humas dalam kegiatan kerjanya adalah tidak terbatasnya oleh ruang dan waktu dan siapapun dapat mengaksesnya. Hal ini sangat terlihat jelas dalam pengiklanan motor Yamaha Mio yang diiklankan oleh perusahaan secara menyeluruh kepada publik yang sangat umum melalui televisi.

Produk motor Yamaha Mio ini awalnya didesain khusus untuk pengendara motor wanita, namun karena kemasan iklan yang menarik dan menunjukan kenyamanan, banyak juga pengendara motor pria yang menggunakan motor Mio tersebut.

Dengan begitu hal ini menunjukan bahwa humas tidak hanya menyampaikan informasi tersebut sesuai dengan target sasaran, tapi juga mencapai public-publik lainnya yang dapat turut menjadi target audiens tambahan yang mendadak bagi kegiatan humas dan berdampak baik pada perusahaan tersebut.

Perlu di pahami pula bahwa ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan lebih oleh Humas dalam implementasi perkembangan teknologi komunikasi ini. Humas harus menyadari bahwa khalayak dapat mengakses semua press release yang dikirimkan dalam dunia internet dan memanfaatkannya guna kepentingannya sendiri.

kompetitor kita pun dapat memanfaatkan informasi itu guna bersaing dalam dunia pemasarannya. Fenomena ini dapat terlihat dalam dunia kendaraan bermotor roda dua. Setelah Yamaha Mio sukses mendapatkan perhatian lebih dari publik yang luas, semua pabrikan motor mengeluarkan sepeda motor sejenis. Honda dengan Vario, Beat, dan Scoopy-nya hingga Suzuki dengan Spin dan yang terbaru Nex.

Semua aktivitas humas melalui media kontemporer sebagai bentuk implementasi perkembangan teknologi dan komunikasi memungkinkan humas dapat menjalin hubungan baik dengan mempertahankan dukungan publik internal dan eksternalnya.

Media intranet untuk public internalnya seperti penyebaran melalui mailing list yang merupakan perangkat elektronik yang dapat menyebarkan informasi pada publik tertentu, dan media internet untuk menyampaikan informasi yang lebih luas dan menyeluruh pada massa. Dengan begitu, public akan sangat tergantung pada peran humas sebagai sumber informasi berita yang tidak tersaji dalam media massa lainnya.

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang serba memudahkan ini tidak seharusnya membuat humas melupakan atau meninggalkan media-media tradisional lainnya. Bagaimanapun media tersebut masih dapat dianggap penting dalam melakukan penyebaran informasi oleh humas.

Media tradisional seperti surat kabar masih sangat erat dikalangan masyarakat karena memiliki nilai sebagai penyampai informasi yang lebih mendetail. Begitu pula dengan radio yang sifatnya sangat dinamis dan fleksibel yang sangat mudah dikonsumsi ketika kita sedang mengemudi misalnya.

Keberhasilan suatu program kehumasan sangat bergantung pada siapa publiknya, bagaimana strategi yang digunakan, dapat tidaknya mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam membina hubungan baik dan dialog yang sehat agar perusahaan dan publiknya semakin dekat.

Media humas kontemporer merupakan sarana yang sangat dapat dimaksimalkan dalam kerja humas khususnya dalam menjangkau para khalayaknya, namun media-media lainnya juga dapat menjadi saluran yang tidak kalah penting. Perpaduan antara keduanya akan membuat program kehumasan lebih variatif dan efektif. Hal tersebut tentu dapat tercapai dengan kemampuan SDM praktisi humas yang memadai.

Daftar Pustaka

Ardianto, Elvinaro. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, Elvinaro. 2004. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Effendy, Onong Uchjana. 1990. Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Komala, Lukiati. 2009. Ilmu Komunikasi : Perspektif, Proses, dan Konteks. Bandung: Widya Padjadjaran.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

____________________________
Sumber: http://rizbach.wordpress.com/2012/11/22/peran-humas-dalam-pemanfaatan-perkembangan-teknologi-komunikasi/

SHARE THIS:
error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->