Menghasilkan Foto yang Tajam

Semua fotografer ingin membuat foto dengan gambar yang tajam. Sehingga menggunakan berbagai aksesori tambahan selain kamera untuk membantu menghasilkaannya. Beberapa trik ini akan membantu Anda untuk mewujudkan hasil foto yang tajam.

1. Tepat memegang kamera. Baca petunjuk bagaimana memegang kamera yang benar. Karena cara memegang kamera sangat berpengaruh pada stabilitas kamera.

2. Tepat mengoperasikan tombol Shutter. Baca petunjuk cara memencet tombol Shutter yang tepat. Karena hal tersebut akan mempengaruhi hasil foto.

3. Mempercepat shutter speed. Gunakan shutter speed lebih cepat dibanding panjang fokal lensa.
– Jika panjang lensa 50mm, gunakan shutter speed 1/60 detik atau lebih cepat.
– Jika panjang lensa 100mm, gunakan shutter speed 1/125 detik atau lebih cepat.
– Jika panjang lensa 200mm, gunakan shutter speed 1/250 detik atau lebih cepat

4. Pilih aperture yang besar (angkanya kecil) karena mempengaruhi depth of field atau daerah fokus obyek foto. Sehingga akan memusatkan area tajam hanya did ekat fokus. Memilih aperture yang besar memungkinkan shutter speed yang lebih cepat.

5. Menambah ISO akan mempercepat shutter speed dan memungkinkan memilih aperture yang lebih besar. Jika memotret di dalam ruangan, perbesar ISO namun jangan terlalu besar, karena bisa menyebabkan noise (bintik hitam kecil) dalam foto.

6. Fokus. Jangan mengandalkan autofokus kamera, periksa secara cermat menggunakan mata. Pastikan fokusnya tepat berada pada area yang paling tajam. Autofokus kamera bisa saja salah dan justru menjatuhkan fokus di samping obyek.

7. Gunakan lensa yang tepat. Pilihlah lensa terbaik yang bisa Anda beli. Lensa yang berkualitas akan meningkatkan ketajaman foto. Lensa dengan kualitas bagus biasanya ditandai dengan aperture yang besar.

8. Setting Sweet Spot Lensa atau aperture tertentu dimana lensa akan menghasilkan foto yang paling tajam. Sweet spot lensa biasanya berada dua stop di atas batas maksimal kemampuan aperture lensa. Misal, untuk lensa f/2.8 maka sweet spot-nya ada di f/5.6.

9. Gunakan tripod. Meski agak repot, namun tripod akan membuat hasil foto tajam, terutama untuk foto panorama.

___________________________
Sumber : http://www.ngeker.com/article/article_detail.asp?cat=5&id=33


mautic is open source marketing automation