Manfaat Social Media Di Dunia Bisnis

Manfaat Social Media Di Dunia Bisnis

Ya….!!! Media sosial merupakan kata yang tidak asing dalam kehidupan kita sehari-hari, semenjak Facebook begitu memasyarakat,hampir semua menggunakan telpon pintar yang  ada aplikasi Social Media.

Jika kita lihat suatu realitas kehidupan kita saat ini, sebagian besar dari kita asyik dengan Telpon Genggam masing-masing saat berkumpul dengan teman. Padahal 5 tahun yang lalu Telpon Genggam hanya sebagai alat komunikasi.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai media sosial, sebaiknya kita perlu mengetahui arti teknologi.

Teknologi berasal dari dua kata techne yang artinya cara dan logos yang artinya pengetahuan.

Teknologi merupakan merupakan penerapan (aplikasi) dari sains yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mempercepat pencapaian tujuan dari setiap kegiatan yang akan dilakukan.

Media sosial adalah sebuah media online, para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi , jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Mengapa Disebut jejaring karena kemampuannya untuk saling terhubung dengan cepat antara satu domain komunitas dengan komunitas lainnya.

Misalnya, kalau kita gunakan tools status di Plurk.com, maka status kita dapat didistribusikan ke facebook, tumblr, twitter, multiply. (sumber: Gunadarma.ac.id). Facebook begitu mendunia, di tahun 2006 – 2007 hampir semua orang Indonesia dan Dunia.

 

Pengguna Facebook; sumber checkfacebook.com tanggal 10 April 2012

Jika kita menggabungkan dua data antara usaia 13-15, 12-14 itu biasanya masih duduk dikelas 7-9. Tetapi di Usia 15 – 17 itu biasanya duduk di bangku SMU/SMK. Bila dilihat dari data diatas 40% pengguna facebook adalah remaja. Akan tetapi banyak remaja yang tidak mengerti fungsi media sosial dalam dunia bisnis. Disini guru dituntut untuk selalu peka terhadap teknologi.

Karena sebagai seorang wirausaha kita harus dapat menjalin hubungan dengan banyak orang. Dalam mengajar kita sudah memiliki panduan yang namanya Silabus dan sisanya kita dapat berkreasi sesuai dengan perkembangan jaman yang dapat menunjang pelajaran kewirausahaan.

Tujuan dari pelajaran kewirausahaan adalah menyiapkan tenaga yang ahli dan  bisa mandiri. Dalam arti mandiri yaitu bisa membuat lapangan kerja sendiri.

Definisi guru Menurut UU RI NO 14 Tahun 2005 Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Guru memegang peranan penting, Guru dapat mengarahkan murid menjadi peka terhadap teknologi seperti tugas dikirim melalui email, jika ada pertanyaan dapat chating di YM, facebook dan twitter. Belajar tidak hanya di kelas dapat dimana saja, saat ini hampir semua HP dapat memberikan aplikasi media sosial. Karena kita tidak dapat menghindari teknologi yang terpenting yaitu dapat memanfaatkan teknologi untuk kemajuan, sebagai contoh BB di Amerika digunakan oleh orang tua yang akan berbisnis tapi lain di Indonesia BB digunakan oleh sebagian masyarakat hanya untuk pertemanan.

Smk Bina Mandiri Bogor memiliki unit produksi salah satunya online shop, mereka tidak hanya belajar teori, akan tetapi langsung praktek dengan tujuan jika mereka  lulus langsung dapat mengaplikasikannya.

Disini siswa/siswi diarahkan untuk mengetahui  kegunaan media sosial sebagai penunjang Pelajaran  Kewirausahaan sebagai contoh  yaitu Promosi. Promosi adalah kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kepada masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Promosi merupakan salah satu alat untuk mempengaruhi konsumen, baik langsung maupun tidak langsung. Disini promosinya melalui online, keuntungannya memiliki bisnis online yaitu menurut (Susrini: 2010) yaitu:

  • Modal yang dibutuhkan untuk membuat toko online sangat minim, kita hanya butuh aplikasi e-commerce (banyak yang tersedia gratis) dan biaya koneksi internet;
  • Untuk komponen tempat, toko online bisa memanfaatkan tempat(domain dan hosting) yang tersedia gratis di internet.

    Tapi kalau memilih tempat yang bayar, biayanya yang dibutuhkan kurang lebih Rp 600.000pertahun. Jauh lebih ,murah dari sewa toko fisik;

  • Toko online punya jangkauan yang lebih luas dibandingkan toko fisik;
  • Waktu operasional tidak terbatas.

Mengenal Aplikasi e-commerce yang tersedia di internet dan bisa di dapat secara gratis (susrini:2010):

  • Magento (http/:www.magento.com )
  • OpenCart (http/:www.opencart.com)
  • PrestaShop(http/:www.prestashop)
  • Zencart(http/:www.zen-cart.com)
  • Storespirit(http/:www.storespirit)
  • Oscommerce(http/:www.oscommerce.com)
  • Cubecart (http/:www.cubecart.com)
  • Agoracart(http/:www.agoracart.com)
  • WordPress(http/:www.wordpress.com)

Sebelum kita membuat website ada dua hal yang sangat penting yaitu Domain dan Hosting.

Domain yaitu identitas sebuah website di internet sebagai contoh http/:www.smkbinamandiri .com. website usaha sebaiknya mempunyai ekstensi.com atau co.id. Domain biasanya didapat dengan cara membeli dari lembaga pengelola domain atau para resseler domain.

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data dan file website di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Biasanya website mempunyai link ke facebook, YM dan Twitter.

Disini siswa/siswi diajarkan untuk mengoperasikan Blog, Facebook, Twitter dan YM dalam menunjang bisnis. Karena perusahaan yang menggunakan media sosial sebagai tempat promosi jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan perusahaan yang tidak menggunakannya.

 
______________________
Sumber: http://nisfia.wordpress.com/friendship/manfaat-media-sosial-dalam-dunia-usaha-aplikasi-mata-pelajaran-kewirausahaan/

SHARE THIS:
error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->