Manfaat Konvergensi Media untuk Kegiatan Humas (PR)

Manfaat Konvergensi Media untuk Kegiatan Humas (PR)

Humas adalah profesi yang memiliki kegiatan kerja yang tidak lepas dari media. Media adalah salah satu alat pengontrol atau saluran dalam melakukan komunikasi. Seiring dengan berkembangnya zaman, maka media yang digunakan oleh humas ikut berkembang atau berevolusi yang akan mempengerahui pada kegiatan berkomunikasi. Kita ketahui dalam kegiatan humas untuk bertemu dengan klien, kegiatan surat menyuratlah yang dilakukan dalam mengatur waktu dan tempat. Akan tetapi seiring dengan perkembangan teknologi kegiatan tersebut sangatlah jarang dilakukan melainkan menggunakan email ataupun media sosial lainnya.

Perkembangan teknologi kini sudah tidak bisa dihindari lagi, salah satu buktinya adalah dengan adanya konvergensi media.Hal tersebut menujukan adanya konverengensi media. Konvergensi media adalah bergabungnya (berintegrasinya) fungsi-fungsi beberapa media ke dalam satu media. Konvergensi media muncul karena:

Dorongan kebutuhan akan beberapa fungsi media,
Teknologi yang telah memungkinkan berintegrasinya fungsi-fungsi dari beberapa media tersebut

Saat ini banyak Humas telah mempertimbangkan penggunaan internet sebagai salah satu strategi komunikasi PR. Mereka tidak punya pilihan lain dan menjadikan internet sebagi bagian dari budaya perusahaan. Teknologi telah mengubah pola komunikasi Humas yang sebelumnya masih konvensional seperti komunikasi dari atas ke bawah, bawah ke atas horisontal, atau pola komunikasi massa. Semua itu telah mereka tinggalkan dengan pola yang lebih aktual setelah lahirnya internet (konvergensi media). Internet membawa perspektif dan pola baru di era informasi dalam bentuk jaringan teknologi yang memungkinkan setiap orang mengakses informasi kemana saja untuk memenuhi kebutuhannya.

Konvergensi berkaitan dengan digitalisasi. konvergensi digital didefinisikan sebagai beralihnya hampir semua media dan informasi kedalam format, penyimpanan, dan transfer elektronik (Herman and McChesney, 1997:107). Dengan kata lain, konvergensi digital merupakan pengembangan teknologi yang mengurangi komunikasi kedalam format digital. Contoh informasi yang dapat dikonvergensikan adalh suara, teks, video, gambar, dan bunyi.

Munculnya fenomena konvergensi media ini memaksa media konvensional melebarkan sayap dan masuk kedalam jaringan internet untuk dapat mempertahankan atau memperluas bisnisnya. Walaupun secara nyata media konvensional akan tetap dibutuhkan dan diperlukan tetapi tetap harus dapat berkembang sesuai perkembangan zaman agar tetap mampu bertahan dalam perkembangan zaman yang semakin pesat ini. Konvergensi media memberikan manfaat yang banyak. Memberikan kepraktisan terhadap satu media, memberikan keunggulan bagi setiap media yang dapat menampilkan fasilitas lebih dari media tersebut, mempersingkat waktu penggunaan media dan masih banyak manfaat-manfaat lainnya.

Dengan adanya konvergensi media, sangat bermanfaat bagi seorang Humas. Dengan kemajuan teknologi tersebut, dalam kegiatan humas dapat lebih dimaksimalkan tanpa batas ruang dan waktu. Dengan menggunakan alat elektronik yang semakin canggih kegiatan humaspun lebih efektif, terutama dalam mempublikasikan informasi mengenai perusahaannya. baik dalam hal promosi, publikasi, pencarian informasi dan lainnya yang berkaitan dengan informasiaa perusahaannya.

_________________
Sumber: http://shallitsania.wordpress.com/2013/11/18/manfaat-konvergensi-media-untuk-kegiatan-humas-pr/

SHARE THIS:
error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->