Manfaat Konvergensi Media Bagi PR

Perkembangan teknologi kini sudah tidak bisa dihindari lagi, salah satu buktinya adalah dengan adanya konvergensi media. Konvergensi media adalah penyatuan atau penggabungan berbagai media dan teknologi komunikasi. Konvergensi media merupakan integrasi dari fungsi-fungsi beberapa media ke dalam satu media. Hal ini membuat runtuhnya tembok pemisah antara berbagai teknologi dan aplikasi komunikasi dan informasi, sehingga antara teknologi satu dan yang lainnya tidak dapat dibedakan lagi. Konvergensi muncul didorong oleh kebutuhan pengguna akan beberapa fungsi teknologi. Fungsi-fungsi tersebut awalnya berada pada media yang berbeda-beda, karena dorongan ini maka dihasilkanlah perpaduan dari beberapa fungsi ini ke dalam satu media saja. Disinilah konvergensi terjadi.

Fenomena konvergensi media yaitu hadirnya beragam media yang menggabungkan teknologi komunikasi baru dengan teknologi komunikasi tradisional (Preston, 2001 : 2).

Konvergensi berkaitan dengan dunia digitalisasi . Setiap informasi berkembang dari format analog menjadi format digital. Teknologi digital berkaitan dengan internet, maka dari itu konvergensi memungkinkan bergabungnya media telekomunikasi tradisional dengan internet sekaligus.

Dibanding analog, digital memiliki beberapa kelebihan seperti memproses informasi lebih cepat, tidak mudah terganggu oleh gangguan luar seperti cuaca dan bangunan, dan tampilan yang modern.

Konvergensi teknologi yang besar dimulai ketika ditemukan telepon, televisi dan komputer yang kemudian teknologi ini disatukan dengan teknologi internet yang akhirnya berkembang tanpa batas.

Dengan adanya konvergensi media, tentu sangat bermanfaat bagi seorang PR. Dengan kemajuan teknologi tersebut, seorang PR dapat memaksimalkan kinerjanya tanpa batas ruang dan waktu.

Misalnya dengan penggunaan smartphone yang dimiliki, seorang PR dapat melakukan kegiatan humas seperti promosi maupun berhubungan dengan wartawan melalui media online yang terdapat di smartphone-nya. Sebagai contoh, seorang PR dapat melakukan promosi melalui media online seperti website, twitter, facebook, dsb.

Ataupun berhubungan dengan wartawan melalui online seperti chat melalui YahooMeseenger! tanpa harus tatap muka. Yang tentu saja lebih efisien waktu dan hemat biaya dibandingkan dengan harus promosi langsung yang memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit…

____________________
Sumber: http://41809704.blog.unikom.ac.id/manfaat-konvergensi.625

mautic is open source marketing automation