Manfaat Facebook Dalam Meningkatkan Kinerja Seorang Public Relation

Sebagian dari kita mungkin ada yang meremehkan keberadaan media. Mungkin selama ini kita berpendapat bahwa kehidupan ini dibagi dalam beberapa aspek yang besar seperti , politik, ekonomi, sosial, budayaan, dan iptek. Dan tidak ada ruang yang besar diantara aspek tersebut bagi media. Namun benarkah demikian.

Saya berpendapat bahwa media ternyata memiliki dampak yang lebih luas dari yang kita duga sebelumnya. Sebelum mesin Gutenberg populer, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan lambat.

Sepengetahuan saya penemuan-penemuan baru bisa diketahui orang lain melalui cerita lisan dan berantai (dari penemu pada seorang guru, kemudian dari guru kepada guru yang lain, kemudian dari guru yang lain kepada muridnya), atau dari teks tulisan manual, atau dengan membeli produk hasil penemuan tersebut.

Dengan ditemukannya mesin Gutenberg yang berujung pada penerbitan media cetak, maka proses penyebaran informasi bisa dipercepat.

Akhirnya orang – orang pun tidak harus susah payah untuk mendapatkan informasi Karena informasi sudah disediakan melalui media, yaitu koran,buku,dan Dunia maya sebagai media yang begitu berpengaruh dalam kehidupan kita seiring semakin banyak media yang tumbuh dijaman globalisasi ini. Jadi jika ditanya apa dampak sosial media. Jawabannya pastilah banyak.

Namun kadang dampak tersebut tidak langsung terasa. Jika ditanya dampak internet bagi masyarakat, kita tentu akan keberatan jika diklaim bahwa internet mengubah banyak hal dalam hidup kita. Namun kelak, beberapa dekade lagi, kita baru mampu melihat bagaimana dampak internet bagi kehidupan. Karena dampak sosial media baru kelihatan setelah waktu berjalan cukup lama..

Berbicara soal internet saya tertarik dengan satu jejaring sosial Terhadap seorang Public Relations.Kita ambil Seberapa membantukah kinerja Facebook untuk seorang public relations sebagai pembahasannya.

Kebanyakan orang bertanya tentang penggunaan Facebook dalam hubungan dengan media, jadi saya akan mulai dari sana. Facebook merupakan sebuah sarana sosial yang membantu masyarakat untuk berkomunikasi secara lebih effisien dengan teman-teman, keluarga dan teman sekerja.

Situs facebook mempunyai keistimewaan dimana seseorang untuk melontarkan pesan dengan orang lain seperti halnya menyampaikan status tentang dirinya atau keberadaanya, dan memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya yang berupa tulisan, gambar dan video.

Serta bisa bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya. Dan hal semacam ini sesuai realita, perusahaan memanfaatkan tenaga PR untuk mempromosikan atau memecahkan sebuah permasalahan melalui situs facebook dan hal seperti ini membuat konsumen terhipnotis dengan apa yang disampaikan oleh PR mengenai bisnis dalam perusahaan.

Dan ini adalah keberhasilan kerja PR melalui social media yaitu (facebook) Saya melihat Facebook ini bisa jadi sebagai alat yang efektif dalam mempromosikan organisasi, memimpin program penjangkauan masyarakat, atau Sesuai dengan realita yang ada di dunia facebook,perubahan fungsi dari jejaring pertemanan dan hiburan, menjadi ajang komunikasi dalam bisnis bagi perusahaan maupun industri kecil yang ada di Indonesia.

Facebook membantu perusahaan untuk mengkomunikasikan bisnisnya secara cepat, efisien, praktis dan murah. Yang penting dilakukan perusahaan hanyalah membuat account facebook yang menarik dan melakukan jejaring pertemanan kepada konsumen, hal semacam itu memudah dalam menarik perhatian kepada konsumen sehingga bisnis dalam perusahaan berjalan dengan perkembangannya

Ada beberapa manfaat yang sangat terasa terhadap peranan public relations dalam kehidupan moderen ini.Seperti halnya Mendapatkan teman baru dan bukan antar Negara saja tetapi juga bisa berteman dengan orang luar negeri, Tempat diskusi seperti salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum.

Anda bisa berdiskusi tentang apapun.Yang tidak kalah penting sebagai Tempat dukungan, kalian masih ingat dengan kasus Kriminalisasi KPK atau uang koin prita atau pun apabila seorang PR dalam sebuah perusahaan mendapatkan suatu issu yang tidak sedap,segeralah si PR bisa mengunakan facebook sebagai salah satu tempat meminta dukungan.

PR juga bisa menciptakan image baik dalam perusahaan dengan pelayanan Public Relations melalui facebook mungkin dengan meng-update kata-kata muntiara tentang perusahaan sehingga konsumen bisa tertarik apa yang telah dilontarkan oleh PR. Yang terakhir sebagi tempat dimana seorang PR melontarkan sebuah solusi terhadap permasalahan dalam perusahaan, mempromosikan ,membujuk , dan melayani konsumen.

Kinerja seorang Public relations secara tidak langsung terpengaruh dari efek-efek perkembangan facebook. Kedatangan facebook membawa perubahan sangat besar terhadap perusahaan, dimana facebook memudahkan PR dalam mengkomunikasikan kepada targetnya secara cepat, efisien, praktis dan murah.

Dalam pemikiran Public Relations kredibilitas facebook memang sangat tinggi karena Facebook itu sendiri adalah senjata dari Public Relations perusahaan , dimana kinerja PR dalam mendapatkan pandangan baik dan menarik perhatian oleh targetnya .

Itu semua adalah efek dari facebook. Mengawali dengan hal yang terkecil misalnya memasang status tentang kemajuan perusahaan dan perkembangannya. Yang kedua misalnya mempromosikan tentang prodak-prodak yang dikelola oleh perusahaan , yang ketiga melayani konsumen dengan memanfaatkan jejaring facebook, dan membuka stan jual beli barang lewat facebook dengan melalui kesepakatan produsen dengan konsumen.

Facebook untuk Mempromosikan Organisasi Anda

Kelompok dapat merupakan cara terbaik untuk mengelola hubungan keanggotaan organisasi atau kelompok. Jika kalian baru memulai sebuah kelompok, atau mencari alat yang lebih efektif biaya untuk mengelola komunikasi kepada anggota Anda, posting kalender acara, atau memberikan manfaat tambahan bagi anggota jaringan Anda, Grup merupakan pilihan yang sangat baik – dan itu jatuh di itu “PR” kategori.

Jika kalian bekerja sebagai bagian dari tim komunikasi perusahaan, Anda mungkin mempertimbangkan mulai Anda sendiri agar Group di topik industri tertentu – terutama jika tidak ada kelompok-kelompok di wilayah lokal . Sebagai contoh, katakanlah kalian bekerja di non-profit PR dan ingin kelompok yang didedikasikan untuk topik yang penting bagi para profesional nirlaba PR, kalian bisa mulai dari situ.

Demikian pula, jika kalian menjadi seorang pengusaha startup, Anda bisa mulai kelompok untuk membantu pengusaha yang berhubungan dan bertukar pikiran.

Ada banyak alasan agar Kelompok dapat menjadi alat yang ampuh untuk pemasaran dan tumbuh sebagai kelompok kalian. Sebagai permulaan, gratis. Ada lebih dari 350 juta aktif agar pengguna di seluruh dunia, sehingga kemungkinan besar cukup baik ada pengguna lain dengan minat yang sama yang akan bersedia untuk bergabung dalam grup .

Layanan lain seperti Meetup, Upcoming dan Eventbrite menyediakan beberapa (dan alternatif beberapa) opsi-opsi serupa – tergantung pada kebutuhan kalian masing masing,, mungkin ada yang ingin memeriksa opsi lain

The Bottom Line di Facebook untuk PR

Pada saat ini kita tidak bisa lagi hanya mengandalkan situs web saja, siaran pers atau pitches selimut sebagai alat listrik Anda PR. Semua orang kewalahan dengan informasi. Anda lebih baik menjangkau khalayak di mana mereka yang paling mungkin untuk merespon (jaringan sosial seperti Facebook yang ideal untuk ini), atau di mana mereka akan mencari informasi Anda ketika waktu yang tepat.

Facebook adalah hanya salah satu dari banyak saluran media sosial Anda harus mempertimbangkan bagian dari gudang PR Anda hari ini. Semoga saran ini menyediakan beberapa informasi yang bisa Anda gunakan untuk mulai mengeksplorasi lebih peluang PR melalui Facebook.

________________________
Sumber: http://jazzintz.wordpress.com/2011/06/08/manfaat-facebook-dalam-meningkatkan-kinerja-seorang-public-relation/


mautic is open source marketing automation