Kegiatan Cyber Public Relations

Secara pendek, kegiatan Cyber PR adalah kegiatan kehumasan yang dilakukan di dunia Internet. Seluruh kegiatan kehumasan konvensional pada dasarnya dapat dilakukan juga melalui internet, dari mulai melakukan kegiatan publikasi sampai pada customer relations management.

Apa saja bentuk-bentuk kegiatan para praktisi cyber public relations?

Menurut Agus Rusmana, berbagai kegiatan Cyber PR adalah sebagai berikut:

  • Press Releases
    Dengan online PR, press release dapat terkirim langsung ke penyaji media (media outlets) pada cakupan regional, nasional maupun internasional (tergantung sasaran yang diinginkan).
  • Expert Articles
    Yaitu tulisan/ artikel (disebut sebagai white papers) tentang sebuah topik yang berkaitan dengan produk perusahaan yang dibuat oleh seorang ahli (ilmuwan/ peneliti) tanpa menyebut merek atau produknya. Tulisan ini paling mudah diterbitkan karena tidak pernah dikategorikan sebagai iklan. Beberapa penulis minta dibayar sehingga perlu diperhitungkan sebagai biaya iklan.
  • Email Newsletters
    Merupakan gabungan isi yang informatif dan iklan ‘terselubung’ yang terkirim sebagai e-mail. Newsletter bisa ditulis menggunakan format teks dan/ atau HTML. Bisa berupa artikel pengetahuan, informasi tentang penjualan dan promosi, berita ringkat, survey, dll.
  • Podbloginars (podcast-blog dan webinar)
    Ini mungkin masih merupakan sarana baru yang belum umum, tapi sangat layak dipertimbangkan untuk digunakan sebagai “kendaraan” online PR
  • Corporate Blog
    Corporate blog atau blog perusahaan dikenal juga sebagai “web logs,” yaitu suatu jurnal online yang ditulis misalnya oleh eksekutif perusahaan dalam gaya yang informal, atau bahkan bernada percakapan, selain juga dapat memuat informasi-update tentang perusahaan.
  • Webinars
    Singkatan dari “Web Seminar” yang bisa ditayangkan langsung atau siaran tunda, dimuat dalam situs web, dan dapat diputar ulang oleh pengunjung situs yang berminat. Webinar menggunakan komputer dan saluran telepon untuk mengirimkan presentasi powerpoint, demo produk atau aplikasi web, dan rekaman video.
  • Podcasts
    Merupakan strategi pemasaran online terbaru. Podcast adalah rekaman suara sebuah siaran yang dapat didownload ke iPod dan MP3/ MP4 players. Umumnya diproduksi oleh siaran radio independen, namun perusahaan besar sudah mulai menggunakannya sebagai saluran distribusi dan iklan. PR tools ini merupakan perluasan penggunaan fasilitas online yang dianggap lebih mampu secara aktif mendekati dan menarik perhatian sasaran daripada pemuatan artikel, tulisan atau iklan dalam website yang pada umumnya sudah dibuat oleh hampir semua perusahaan saat ini. Keistimewaan tools ini adalah sifatnya yang aktif mendekati sasaran sementara website bersifat pasif menunggu kedatangan pengunjung yang kebetulan “lewat” dan berhenti untuk ‘window shopping’.

Dengan begitu banyak dan beragamnya kegiatan para praktisi cyber public relations ini, jelas akan sangat menuntut kompetensi baru, skill baru. Praktisi Cyber PR zaman kini haruslah seorang yang tidak hanya handal berselancar di dunia maya, tetapi juga mampu mengembangkan content dalam berbagai format distribusi (media cetak, radio, TV, situs web, e-mail, iTV, PDA, WAP, Usenet dan sejenisnya) agar dapat dengan tepat menjangkau berbagai audiens.

Apakah Anda sudah memiliki skill ini? Kalau belum, yuk ikuti beberapa pelatihan keterampilan berikut ini:

>>  Pelatihan Public Relation Management

>> Pelatihan Corporate Blogging

 

__________________
Tulisan ini dimodifikasi dari artikel http://www.abahraka.com/2016/04/cyber-public-relations.html

mautic is open source marketing automation