Fungsi Blog Bagi Humas

Fungsi Blog Bagi Humas

Kehadiran internet membuat seolah dunia tanpa batas. Hal tersebut memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk dapat berkomunikasi dan memperoleh informasi tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Kemudahan yang berdampak pada setiap lini kehidupan manusia, salah satunya adalah kegiatan public relations.

Ditambah dengan kehadiran berbagai varian dari internet, antara lain social media atau media sosial mempermudah mereka untuk berkomunikasi dengan publik. Ledakan gelombang social media membawa kita pada sebuah bentuk baru komunikasi.

Apa dan Mengapa Media Sosial?

Media sosial merupakan sebuah media berbasis internet yang menggabungkan berbagai fitur seperti instant messenger, blogging, bersifat dinamis dan memungkinkan interaksi dan umpan balik di antara penguna[1]. Bisa dikatakan bahwa media social adalah sebuah kekuatan baru dalam mendukung kegiatan public relations. Mengapa demikian? Media sosial membawa informasi mengalir seperti air.

Setiap orang dapat mengakses ribuan bahkan jutaan informasi yang dibawa oleh media sosial tersebut, baik melalui facebook, , dan twitter yang adalah jenis dari media sosial. Hal tersebut tentunya membawa peluang tersendiri untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh publik.

Selain itu, karena sifatnya yang dinamis dan interaktif, maka publik pun dapat menyuarakan tentang baik buruknya sebuah produk atau layanan dari sebuah perusahaan. Ketika seseorang menilai buruk sebuah brand dari perusahaan tertentu dalam media sosial, maka hal itu membawa potensi bagi orang lain untuk mengetahuinya dan selanjutnya menyebar dengan begitu cepat.

Jika perusahaan tidak tanggap dan berpartipasi dalam media sosial, maka perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk menyampaikan pesan dan mengkomunikasikan betapa bernilainya brand yang dipunyai.

Kegiatan Public Relations dalam Media Sosial
Cara kerja media sosial berbeda dengan media tradisional.

Media sosial tidak membutuhkan sebuah skenario untuk dapat menarik khalayaknya karena media sosial merupakan media online yang konten utamanya diisi oleh publik. Oleh sebab itu bahasa yang digunakan bukanlah bahasa formal sebagaimana bahasa jurnalistik atau siaran pers. Di sinilah public relations harus dapat memanfaatkan peluang untuk dapat berkomunikasi dengan konsumennya.

Oleh karena public relations tidak hanya harus pandai berhubungan dengan media, tetapi juga fasih untuk berhubungan langsung dengan konsumen. Public Relations hendaknya melibatkan konsumen dalam percakapan yang dapat memberi nilai lebih terhadap brand suatu perusahaan atau terhadap konsumen itu sendiri.

Konsumen atau khalayak tersebut merupakan publisher baru yang akan berfungsi sebagai pembawa pesan baik buruknya brand, citra dan promosi sebuah perusahaan. Dengan demikian public relations di era digital ini tidak lagi mengelola jurnalis namun mengelola publisher sekaligus konsumen mereka.

Konsumen ini akan menuliskan pengalaman baik dan buruknya mereka ketika menggunakan produk atau layanan perusahaan tertentu dalam media sosial. Dan bisa dipastikan bahwa tulisan tersebut akan tersebar luas secara cepat.
Mensukseskan Public Relations dalam Media Sosial
Menurut Pamela Seiple dalam How to Leverage Social Media for Public Relations Success (2010: 4-21) mengatakan, ada beberapa taktik yang perlu digunakan untuk suksesnya sebuah kegiatan public relations di media sosial, yaitu:

1. Membangun koneksi dengan influencer di media sosial

Tujuannya adalah membangun komunikasi dengan para influencer, seperti blogger untuk memastikan mereka mengenal baik produk atau layanan perusahaan agar tetap mendapat perhatian.

Beberapa jenis media sosial yang dapat digunakan untuk membangun koneksi adalah:

Twitter
Facebook and Lindkeln
Blog
Melemparkan topic tertentu dalam media sosial

Misalnya dengan mengundang para influencer di atas untuk hadir dalam sebuah event menarik yang diselenggarakan oleh perusahaan atau mengirimkan tawaran untuk mencoba produk dan layanan dengan gratis. Hal tersebut dimaksudkan agar para influencer tersebut menuliskan review atau membuat tulisan berkenaan dengan produk atau layanan tersebut, sehingga membantu perusahaan dalam membangun image dan positioning product.

2. Membuat konten menarik dalam kampanye PR untuk mendapatkan hasil maksimal.

Membuat video menarik berkaitan dengan brand, produk dan layanan serta mengirimkan link melalui twitter, facebook, dan media sosial lainnya. Selain itu membuat tagline yang mudah diingat sebagai karateristik brand anda dan menyebarkannya melalui media sosial.

Pemanfaatan media sosial dengan baik, akan membantu suksesnya penyelenggaraan kegiatan public relations sebuah perusahaan. Media sosial merupakan kendaraan hebat untuk membawa dan menyebarkan pesan akan citra,brand atau layanan kepada jutaan konsumen dunia maya.

Selain membantu dalam promosi, media sosial juga memberikan keuntungan tersendiri dalam mengelola kegiatan public relations dan bisnis anda.

Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizon, 2010
ditulis oleh: Gita Sudjarwo

____________________
Sumber: http://fungsiblogbagihumas.blogspot.com/

SHARE THIS:
error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->