Corporate Blog

Apa itu Blog

Bagi Bapak/Ibu yang sudah familiar dengan internet pasti akan tahu apa itu Blog. Blog, yang merupakan kependekan dari Weblog, digunakan pertama kali oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan ”catatan perjalanan” seseorang di internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar ”cerdas” mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat. Dari komentar-komentar tadi biasanya Blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita ”mengintip” isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari penciptanya.

Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal.

Banyak model Blog yang disediakan oleh pembuatnya. Mulai dari sederhana sampai dengan yang agak sedikit rumit. Mulai dari proses pembuatannya yang hanya sekedar menggunakan template (istilah untuk kerangka/acuan yang langsung siap digunakan tanpa adanya proses edit) sampai dengan bahasa pemograman yang canggih.

Beberapa penyedia blog yang paling banyak dijumpai adalah blogger.com, wordpress.com dan masih banyak lagi. Namun mayoritas blog yang dijumpai sebatas blog untuk perseorangan atau pun individu.

Ada blog yang memuat diskusi atau interaksi antar bawahan dalam sebuah perusahaan atau pun interaksi antar perusahaan yang sering dikenal dengan Corporate Blogging (Blog Perusahaan)

Apa itu Blog Perusahaan ?

Banyak orang yang belum pernah mendengar istilah blog perusahaan ini karena memang jumlah perusahaan yang sudah nge-blog memang belum banyak. Riset menunjukkan hanya 5 persen perusahaan dalam daftar Fortune 500 yang sudah memiliki blog. Di Indonesia, sangat jarang mencari data jumlah blog perusahaan.

Blog perusahaan merupakan media online yang dipakai dan dipublikasikan oleh sebuah perusahaan untuk meraih tujuan perusahaan tersebut. Ada tiga jenis blog perusahaan: internal, eksternal, dan blog chief executive officer (CEO).

Blog internal biasanya diakses lewat Intranet dibuat dan dibaca oleh karyawan. Ini semacam buletin internal konvensional. Blog ini umumnya dipakai sebagai media partisipasi karyawan dalam setiap isu. Bisa juga dimanfaatkan untuk ajang diskusi, menampung gagasan, dan mengumumkan sesuatu, misalnya jadwal rapat. Ini berguna terutama bila tempat karyawan bekerja terpisah-pisah di beberapa lokasi. Kelebihan blog dibanding mailing list internal adalah sifatnya yang interaktif.

Blog eksternal adalah media komunikasi antara karyawan atau juru bicara perusahaan dan publik, terutama konsumen mereka. Manajemen, misalnya, dapat memakainya untuk mengumumkan daftar produk-produk atau layanan baru atau produk/layanan yang sudah habis masa edarnya. Ia juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat menanggapi serta mengklarifikasi kritik dan isu yang tengah berkembang soal produk layanan atau kebijakan sebuah perusahaan.

Di beberapa perusahaan, semua posting untuk blog eksternal harus diperiksa terlebih dulu oleh pejabat yang berwenang sebelum dipublikasikan. Di beberapa tempat lain, pengunjung bebas mengomentari setiap posting, sebagian lagi menerapkan aturan komentar yang dimoderasi. Dengan blog korporat, para pemasar akan menemukan pengguna setia produk mereka dan konsumen yang bisa mempengaruhi orang lain. Setelah itu, pemasar dapat memperlakukan mereka sebagai VIP, pemberi masukan, penguji produk, dan sebagainya.

Blog CEO, merupakan meskipun blog ini masih terjadi perdebatan panjang, keberadaannya mulai dilirik. Di Indonesia, misalnya, ada sedikit contoh dari blog CEO ini. Di Indonesia ada dua blog CEO ini, yakni CEO Cisco Indonesia milik Irfan Setiaputra dan CEO PT Puspa Intimedia milik Adrianto Gani.

Menurut New PR Wiki ada 15 Blog Perusahaan Terpopular yang disusun oleh Technocrati-versi September 2008. Kelima belas perusahaan tersebut adalah:

Google
Adobe
Yahoo! Search
Facebook
Dell
Yahoo!
Linkedln
Southwest Airlines
General Motors
Flickr
Mint
Marriot
Lenovo
Kodak
Delta
Ada keuntungan dari adanya Blog Perusahaan ini. Diantaranya adalah:

Untuk meningkatkan popularitas perusahaan Banyak model atau cara-cara yang efektif dalam meningkatkan citra dari sebuah perusahaan. Selain cara-cara conventional seperti CSR (Corporate Sosial Responsibility), cara membuat Blog perusahaan ini dianggap cukup efektif dalam mempromosikan perusahaannya.

Mengenal dan memahami tanggapan langsung dari pelanggannya Untuk mengetahui sejauhmana citra perusahaan baik produk maupun layanannya, Blog perusahaan ini juga dianggap membantu untuk mengetahui tanggapan secara langsung dari pelanggan-pelanggannya. Selain itu kritikan atau saran juga akan langsung diterima oleh perusahaan tersebut.

Kedua keuntungan tersebut di atas merupakan salah satu dari sekian banyak keuntungan yang ditumbulkan dengan adanya Blog Perusahaan. Namun apabila kita ingin meningkatkan image perusahaan di mata pelanggan kita, mengapa cara ini tidak kita coba?

_______________________
Sumber: http://yosie.blogdetik.com/corporate-blog/

mautic is open source marketing automation