8 Rumus Ampuh Dalam Menulis Blog (Bagian 2)

Melanjutkan postingan sebelumnya, dibawah ini 4 rumus berikutnya tentang bagaimana menulis blog yang baik dan atraktif.

reaktif-kivibyte-blog

5. Reaktif

Jika ada berita terbaru berkaitan dengan industri yang kita lakukan baik dalam bentuk cetak maupun digital, maka kita harus bereaksi terhadap berita teraktual tersebut.

Pilihlah salah satu sudut pandang antara setuju atau tidak setuju, atau kita bisa juga sekedar memberi opini dengan argumen. Sudut pandang lain adalah dengan menceritakan pengalaman pribadi konsumen dan menampilkan reaksi tersebut di blog.

Reactive menjadi Creative!

6. Manfaatkan Komentar

Kita harus sering online, kunjungi blog orang lain atau situs berita populer, lihat komentar-komentar terhadap konten artikelnya, dan kembangkan komentar tersebut menjadi sebuah konten artikel di blog kita.

Jadikan komentar tersebut menjadi sebuah pembahasan yang menarik, terutama komentar yang berbeda/berlawanan dari kebanyakan komentar lainnya.

7. Kenali, Akui, & Apresiasi

Meminta informasi serta partisipasi dari para pembaca serta mengakui usaha mereka setelah memberikan kontribusi pada artikel kita adalah batu fondasi dari pengembangan jejaring sosial bagi blog bisnis.

Kenalilah anggota komunitas dan berbagai individu di industri kita, siapa-siapa sajakah yang membantu blog kita dengan usaha ekstra dan juga siapakah yang secara konsisten memberikan kontribusi.

Kontribusi mereka bisa berupa komentar yang aktif, kritik yang membangun, atau mungkin guest blogger. Manfaatkan itu! Kenali, akui dan apresiasi pembaca kita.


8. Strategi Oreo

Dengan berlangganan majalah atau newsletter industri terkait dengan bisnis kita, ataupun dapat melakukan pencarian berita dengan bantuan mesin pencari, kita dapat mengelaborasikan dan memberikan opini mengenai berita-berita tersebut.

Buatlah paragraf pembuka yang tidak perlu panjang sebagai dasar artikel kita, misalnya dengan menyebutkan masalah atau menentukan posisi kita pakah setuju atau tidak setuju.

Kemudian masukkan ringkasan dari artikel atau berita yang kita ambil dari beberapa sumber dengan link yang diperlukan. Langkah terakhir adalah menutup dengan pengamatan dan kesimpulan. Inilah yang dinamakan strategi Oreo, menghimpit sebuat artikel dengan serangkap opini kita.

Nah, sudah cukup jelas kan langkah-langkahnya?

Ketika kita menyelaraskan tujuan penulisan blog dengan strategi konten, maka konten yang kita ciptakan akan sangat maksimal impact-nya, serta akan menjaga para pembaca tetap merasa terhubung dengan kita sebagai brand dan personal.

We can feel them, and they can feel us too.

Selamat ngeblog!

_________________
Sumber: http://www.kivibyte.com/blog/8-rumus-ampuh-dalam-menulis-blog-bagian-2/

mautic is open source marketing automation