6 Tips Mencegah Facebook Agar Tidak Kena Hacked

Oleh: Haries Argareza

Saya yakin, di jaman sekarang ini pasti hampir semua orang punya account Facebook. Ayah, Ibu, Oom dan Tante saya aja punya, hehehe…

Kenapa sampai para orang tua yang tadinya mungkin gak terlalu melek dengan media sosial sampai mau ikut-ikutan eksis di Facebook?

Karena gak bisa dipungkirin, Facebook sangat membantu kita untuk bisa terhubung dengan teman, lalu kirim-kiriman pesan, sharing foto dan tag orang-orang di foto itu, trus bikin invitation untuk satu event dan undang teman-teman kita, dan sebagainya, dan lain-lain, dan selanjutnya deh pokoknya.

Facebook has really connected people
!

Nah… Sekarang gimana ceritanya kalau sampai account Facebook kita kena hacked?

facebook-kena-hacked

Beberapa teman saya sih banyak yang kena kasus beginian. Account Facebook mereka kena hacked, lalu mendadak jadi spammer, atau mendadak gak bisa log-in karena passwordnya udah ada yang ganti.

Banyak yang kasusnya begini:

Banyak yang account Facebook-nya di hacked, lalu spamming pesan ke teman-temannya dengan kasih link. Begitu link-nya di klik oleh yang menerima pesan, secara otomatis virus langsung ter-download dan nantinya menghapus software anti-virus di komputer orang tersebut.

Selanjutnya secara otomatis, account Facebook si penerima akan menjadi pengirim link tadi ke seluruh teman-temannya… Dan … Lingkaran setan pun dimulai, hehehe…

Berikut 6 tips keamanan untuk mencegah account Facebook kita di hacked (Yaaa… Setidaknya we do something about it, right?)

facebook-aman-dari-hacker

1. Periksa lagi ‘Security Setttings’ kita dan coba aktifkan ‘Login Notifications’. Letaknya ada di kotak drop-down dibawah Account, dipojok kanan atas pada homepage Facebook kita.

2. Jangan klik link yang kira-kira aneh atau mencurigakan, biarpun itu dari teman kira sendiri. Coba cek langsung ke yang bersangkutan, emang ngerasa pernah ngirim link atau engga.

3. Jangan asal klik ‘Friend Request’ atau terima ‘Friend Request’ kalau gak kenal. Ingat foto bisa menipu! Hehehe…

4. Kalau kira-kira ada orang gak dikenal yang ngehubungin kita, dan bau-baunya pengen menipu, langsung ‘Report’ mereka ke Facebook. Jangan malah didiemin atau dicuekin! Kita mungkin gak ketipu, orang lain? Belum tentu.

5. Jangan sembarangan download aplikasi kalau bentuknya abal atau kita sendiri gak yakin untuk apa si aplikasi itu.

6. Coba ke halaman keamanan-nya Facebook di: http://www.facebook.com/security dan baca bagian “Take Action” dan “Threats”.

Dari tahun 2012, Facebook sudah berpartner dengan perusahaan anti-virus online seperti McAfee, Symantec, dan beberapa yang lainnya juga untuk ngebuat marketplace anti-virus.

Beberapa sumber online seperti Mashable mengatakan kalau pengguna bisa dapetin ‘Free Trial’ untuk software anti-virus di marketplace ini.

Apakah account Facebook anda pernah kena hacked?

____________________________
Sumber: http://www.kivibyte.com/blog/facebook-kena-hacked/

mautic is open source marketing automation