11 Fakta Media Sosial Yang Harus Kita Manfaatkan

Hadirnya media sosial dalam kehidupan kita telah sangat mengubah pola hidup kita sehari-hari. Kalau gak percaya, coba mari sama-sama jawab pertanyaan dari saya:

Siapa disini yang pas bangun pagi langsung ngecek Twitter, Path, Instagram, dan Facebook-nya? Gak mesti semuanya, tapi salah satu juga boleh.

Siapa disini yang gak bisa kalo gak ngecek HP-nya tiap beberapa menit sekali?

Siapa disini yang doyan nge-browse foto-foto lucu di forum-forum seperti Kaskus, atau browsing Pinterest, terus di posting ulang di Path atau di Twitter dengan harapan dapet banyak respon ‘Ketawa’, ‘Love’, atau Retweet?

Siapa disini yang gak suka ngepost apa-apaan di media sosial, tapi setiap 3 menit sekali selalu ngecek timeline Twitter, Path, Instagram, dan Facebooknya? Intinya biar update dan tau kejadian di sekitar aja.

Saya yakin sebagian besar dari pembaca akan menjawab IYA pada 4 pertanyaan diatas.

Nah…

Ngerasa gak sih kalau dengan hadirnya media sosial ini, kehidupan kita jadi lebih berwarna tapi sekaligus gampang sekali untuk ke-distract?

Sulit memang menahan godaan untuk gak log in ke dalam account media sosial yang kita punya karena mudahnya akses lewat HP, iPad, atau laptop.

Distraksi ini tentunya mengurangi waktu berkualitas yang dapat kita gunakan untuk beraktifitas produktif. Ingat, jadi manusia harus produktif dan aktif, biar bisa cari duit tapi gak jadi konsumtif (Walaupun kalau mau jadi konsumtif pun tidak akan saya larang, hehehe…)

Sekarang bagaimana caranya agar kita bisa memanfaatkan media sosial dengan maksimal? Berikut 12 fakta tentang media sosial yang dapat kita manfaatkan untuk memaksimalkan strategi pemasaran atau promosi kita, terutama bagi startup company, online shop, atau mereka yang ingin menjadi blogger ternama.

fakta-pengguna-social-media

1. 1 dari 9 orang di atas muka bumi ini merupakan pengguna Facebook. Hal ini berdasarkan kalkulasi bahwa bumi terdiri dari 6.94 milyar jiwa dan Facebook memiliki 750 juta pengguna. (Termasuk saya yang sekarang lagi sambil buka Facebook juga)

2. Orang menghabiskan 700 milyar menit per bulan untuk membuka Facebook. Itu berarti 15 jam dan 33 menit.

3. Lebih dari 250 juta pengguna Facebook mengakses melalui perangkat mobile mereka.

4. Lebih 2,500,000 situs telah terintegrasi dengan Facebook. Ini adalah alasan mengapa situs kita juga perlu dikoneksikan dengan Facebook agar tetap berada di jalur yang benar agar bisa meningkatkann pengunjung atau traffic.

5. 30 juta konten dibagikan di Facebook setiap bulannya. Nah manfaatkan lah ini, orang kita suka kok baca dan share kalau konten yang kita post itu menarik.

6. Halaman Facebook diterjemahkan ke dalam 70 bahasa dengan bantuan 300,000 pengguna. Bayangkan kekuatan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membangun komunitas.

7. YouTube menghasilkan 92 milyar page views setiap bulannya. Dan ini belum termasuk video YouTube yang diakses melalui HP atau yang menempel pada situs tertentu. Tidak heran kan PSY bisa seterkenal itu sekarang.

8. Pengguna YouTube menghabiskan 2,9 milyar jam per bulan dalam jumlah keseluruhan pengguna. Itu berarti 326,294 tahun yang dihabiskan untuk menonton video. Ini adalah pembuktian konten dalam video adalah salah satu bentuk konten yang atraktif.

9. Setiap menitnya pengguna mengunggah 3,000 foto ke Flickr. Flickr memiliki lima milyar foto secara total.

10. Pengguna Instagram sekarang mencapai 150 juta setiap bulannya, dan dari 2010 sampai 2013 sudah ada 16 milyar foto yang di posting.

11. Pada 2012, rata-rata lebih dari 200 juta Tweets muncul pada tiap harinya dan Twitter menambahkan sekitar 500,000 pengguna tiap harinya. Luar biasa! Apabila kita bisa tampil stand out di dunia Twitter, sudah pasti efek RT akan melambungkan account Twitter kita.

Apalagi kalau kita meracik kata-kata di Twitter secara pintar dengan menggunakan hashtag, tentunya hasilnya akan sangat-sangat maksimal.

Gimana? Apa masih meragukan kehebatan media sosial untuk dijadikan media promosi dan pemasaran? Social Media Marketing rules!

Tapi ingat, menggunakan media sosial untuk jualan dan promosi sah-sah saja kok, namun harus pintar-pintar dalam membaca situasi ya, jangan semua orang di tag buat jualan, atau ngeblast promo sesuka hati.

Bisa-bisa malah account kita di block atau di unfollow oleh teman-teman kita sendiri.

alau sampai terjadi, kita sendiri kan yang akan … sedih.

__________________________
Sumber: http://www.kivibyte.com/blog/11-fakta-media-sosial-yang-harus-kita-manfaatkan/

mautic is open source marketing automation